tJeSiLC_vQ4EjbqutLiN10g1b3k

Minggu, 03 Februari 2013

Indonesia Berkebun



Beberapa tahun lalu iklan video diatas sering muncul di televisi. Isinya sebetulnya klise yaitu  menggugah kesadaran kita akan penghijauan lingkungan disekitar kita. Tapi dikemas dengan apik dan ditambah dengan media internet sebagai sarana untuk promosi tentang kesadaran lingkungan.

Tapi sekarang kelihatannya sudah tidak pernah diputar lagi. Apakah ini pertanda bahwa Indonesia sekarang sudah tidak ada hutan-hutan yang gundul lagi dan lingkungan dimana kita tinggal sudah penuh dengan penghijauan ? Itulah yang kita harapkan, walaupun kelihatannya  keadaan itu belum tercapai.

Rumahku sendiri masih punya halaman belakang yang berupa tanah dengan ukuran cukup sempit tapi memanjang. Lebarnya kira-kira hanya 1 meter dan memanjang kira-kira 7 meter. Tanah itu walaupun tidak pernah kutanami, tapi bisa tumbuh tanamannya sendiri, hingga aku terpaksa secara berkala mencabutinya kalau sudah terlalu rimbun.

Tanaman-tanaman itu seperti semak yang rendah tumbuhnya seperti putri malu, rumput, lumut dan ada satu tanaman yang paling menarik perhatianku. Setelah kuamat-amati, aku hampir yakin kalau itu adalah tanaman cabai. Karena memang sudah ada cabainya yang berwarna hijau. Cuma sayangnya cabainya tidak bisa gemuk, tapi kurus dan panjang-panjang serta kecil-kecil.

Aku sempat berpikir untuk memeliharanya, tapi susah juga karena tanaman cabainya bercampur dengan tanaman-tanaman yang lain. Dan ketika aku berencana untuk mencabuti yang bukan cabai, ternyata tanaman cabainya juga ikut tercabut. Bagaimana sebaiknya menurut rekan-rekan pembaca ?

backyard3cabai

backyard2

Tidak ada komentar :

Posting Komentar